Oligohidramnio = Berkurang nya air ketuban - Anthie Haryadi

Kamis, 15 Oktober 2009

Oligohidramnio = Berkurang nya air ketuban

Ibu Hamil harus Tau...!!!
Semua ini karena apa yang Nda lagi alamin.
Seperti yang udah Nda ceritain sebelum nya tentang perkembangan Baby A di minggu ke 34,, ternyata ketauan kalo air ketuban Nda berkurang. dan itu nggak bisa di biarin kayak gitu aja..

Nda langsung browsing semua permasalahan tentang berkurang nya volume air ketuban ini.. Mudah-mudahan bisa ngebantu para Calon Yummy Mommy yang lain dan lebih aware lagi sama masalah yang ini.. Jangan sampai apa yang Nda alamain,, juga di alamin sama Calon Yummy Mommy lain nya.

Perlu di ketahui bahwa Air ketuban memiliki beberapa peranan yang penting, diantaranya melindungi bayi dari trauma, terjepitnya tali pusat, menjaga kestabilan suhu dalam rahim, melindungi dari infeksi, membuat bayi bisa bergerak sehingga otot2nya berkembang dengan baik serta membantu perkembangan saluran cerna dan paru janin. Jadi bisa di bayangkan apa yang akan terjadi jika air ketuban kita berkurang.

Oligohidramnion atau Air ketuban Sedikit..
Oligohidramnion diakibatkan oleh banyaknya cairan yg hilang ataupun kurangnya produksi urin janin.

Secara umum oligohidramnion berhubungan dengan salah satu kondisi dibawah ini:
* Pecahnya selaput ketuban.
* Kelainan bawaan pada saluran ginjal dan atau saluran kemih janin.
* Produksi pipis janin yang kurang secara kronis.
* Hamil lewat waktu (Postterm)

Oligohidramnion lebih sering ditemukan pada kehamilan yang sudah cukup bulankarena VAK biasanya menurun saat hamil sudah cukup bulan. Ditemukan pada sekitar 12 % kehamilan yang mencapai 41 minggu.

Diagnosa dibuat dengan pemeriksaan USG yaitu dengan mengukur indeks cairan ketuban (Amniotic Fluid Index= AFI). Tetapi secara klinis (dengan pemeriksaan fisik) bisa diduga dengan : pengukuran tinggi rahim dari luar serta bagian bayi yang mudah diraba dari luar (didinding perut ibu). Namun hal ini hanya berupa asumsi/dugaan saja, tetap haris dikonfirmasi dengan USG.

USG juga bisa melihat anantomi janin untuk melihat kelainan seperti ginjal yang tidak tumbuh (dengan tidak terlihatnya pipis di kandung kemih janin). Serta untuk mengetahui adanya gangguan pertumbuhan janin. Pemeriksaan dengan spekulum dapat dilakukan guna mendeteksi adanya kebocoran air ketuban akibat pecahnya air ketuban.

Oligohidramnion didefinisikan sebagai AFI yang kurang dari 5 cm. Karena VAK tergantung pada usia kehamilan maka definisi yang lebih tepat adalah AFI yang kurang dari presentil 5 ( lebih kurang AFI yang oligohidramnion sebelum cukup bulan, dilakukan perawatan secara ekspektatif tergantung kondidi bayi dan ibu, sedangkan jika terjadi pada hamil cukup bulan, dilakukan pengakhiran kehamilan (terminasi) sesuai dengan kondisi kematangan leher rahim. Jika matang dilakukan induksi persalinan.

Jumlah air ketuban bisa ditambah dari luar dengan melakukan amnioinfusion. Cairan NaCl hangat atau sesuai suhu ruangan dimasukkan lewat leher rahim. Sehingga akan menurunkan angka cesar pada kasus oligohidramnion.

Berkurangnya air ketuban (oligohidramnion) dapat menjadi tanda ada kelainan pada saluran pengeluaran atau saluran kemih janin. Jika saluran kemih janin di dalam kandungan tidak berfungsi dengan baik, kemungkinan besar air ketuban yang ada jumlahnya akan menjadi sedikit. Keringnya ketuban berarti janin tidak mengeluarkan air ketuban yang ditelannya sebagai urin. Berbeda dengan kasus kelebihan air ketuban yang berarti janin mengalami gangguan pada saluran cernanya.

Gejala Umum terjadi nya Oligohidramnion:
1. Nyeri di perut saat bayi bergerak,
2. Bunyi jantung janin terdengar pada minggu ke-20 kehamilan,
3. Saat kontraksi, rahim menjadi sangat sakit.

Jika kondisi janin gawat, maka ia harus segera dikeluarkan. Jika tidak, kehamilan bisa diteruskan. Air ketuban yang berkurang melebihi batas normal bisa menyebabkan kematian janin di dalam kandungan.


Dari semua yang di atas,, dan dari hasil browsing-browsing, emang benar,,, kita dapat menaikkan volume air ketuban dengan cara mengkonsumsi air dengan banyak,, Hal ini terbukti bisa meningkatkan kembali voume air ketuban. Karena minimal itu air ketuban ada di angka 10,, (dan Nda di 9,5) baca di sini,,,

Mudah-mudahan apa yang Nda alamin ini ,, bisa jadi masukin buat para Yummy Mommy dan bener-bener aware sama masalah yang ini.. Mudah-mudahan bermanfaat ya..


Sumber :
http://www.drdidispog.com/2009/06/oligohidramnion-air-ketuban-sedikit.html

http://www.seputaribudananak.co.cc/2009/05/kok-ketuban-bisa-kering.html



4 komentar:

  1. Syyiiippp syiippp mama Anthie. TQ yaahhh infonya Sis. Mariiiii kita minum yang banyak. Smangat !!!!!!...;-)

    BalasHapus
  2. Mariii minum bergalon2...
    tapi klo gw kebanyakan minum, rasanya perut gw mau meletus ney..piye iki?

    BalasHapus
  3. sama-sama cha,,, mari minum yang banyaaaakkk

    BalasHapus
  4. Wian... sama say,, gw minum banyak suka mau meletus juga perut nya,, makanya gw heran sama hubby yang kuat banget minum, hehehehe

    BalasHapus

@templatesyard