Weaning With Love - Anthie Haryadi

Kamis, 01 Desember 2011

Weaning With Love

Sudah 10 hari sejak saya dan Yayay memutuskan untuk mem-Weaning Olel tepat di hari ulang tahun Olel ke 2. Seperti nya saya dan Yayay egois ya langsung di hari itu. Tapi kami punya banyak pertimbangan untuk itu.

kalau di tanya gimana rasa nya?,, Pasti sedih banget. Awal nya saya ngerasa belum iklas untuk berhenti menyusui Olel,, Saya masih menikmati tiap detik waktu yang kami habiskan saat saya menyusui Olel. itu moment dimana cuma ada kami ber 2. Tapi yayay menyuruh saya untuk Iklas,, karena itu kunci nya. Kalau saya nggak iklas ya sampai kapan pun akan sulit.

Sejak olel 1 tahun saya memang sudah mencampur susu Olel dengan UHT,, tapi itu pun nggak selalu habis,, dalam 1 hari 2 kotak Mimi itu belum tentu habis di minum Olel.

Saat memutuskan untuk mem-Weaning Olel,, saya teringat pertama kali saya mulai menyusui Olel. Itu perjuangan buat saya. Asi saya baru keluar di hari ke 3,, bukan main Stress nya saya saat itu, di tambah Olel waktu itu kuning dimana butuh banyak ASI saya. Saya cuma nangis, nangis dan nangis. Beruntung saya punya yayay yang luar biasa baik nya,, luar biasa sabar nya,, terus mendukung saya. bukan itu saja,, ternyata ketika ASI saya sudah keluar saya baru sadar kalau saya Flat Niple,, yang ngebuat Olel susah untuk menyusui,, Waktu Dokter tau saya Flat Niple yang dia lakukan mencubit puting saya kemudian memelintir nya hingga maju, bukan main sakit nya,, tapi saya tahan. ketika di rumah saya mengikat Puting payudara saya dengan karet dengan tujuan agar terus maju,, rasa nya perih banget,, tiap akan menyusui Olel, saya buka karet nya, saya elap dengan air hangat baru kemudian saya susuin Olel.. Tapi saya iklas,, semua demi Olel. Hal ini berlangsung selama sekitar 2 bulan sampai akhir nya karena sudah terbiasa di hisap,, puting payudara saya maju.

Masalah datang di bulan ke 3,, tiba-tiba Olel menolak menyusu Payudara saya sebelah kiri,,, Saya coba pompa tapi Olel tetap nggak mau,, bukan main hancur nya saya saat itu. Saya sampai konsultasi,, tapi nggak ada yang salah baik dari Olel atau pun saya nya.. Dan akhir nya sampai 2 tahun,, saya hanya menyusui Olel dengan 1 payudara.

Saya juga memutuskan untuk tidak kembali melanjutkan Kuliah saya. Olel nggak bisa menyusui menggunakan botol, sendok, cup feeder atau pun sedotan. selama 2 bulan Saya dan mama mencoba melatih olel tapi tetap nggak berhasil,, Saya coba tinggalin Olel dengan orang rumah karena kata nya kalau dekat saya malah semakin susah,, tapi yang terjadi,, selama saya pergi selama itu pula Olel nggak mau coba untuk meminum ASIP saya. disinilah saya harus membuat 1 keputusan. Selama 1 minggu saya merenung, berfikir,, dan akhir nya memutuskan untuk menunda melanjutkan kuliah saya. Saya nggak tega membiarkan Olel menunggu saya pulang kuliah untuk menyusu,, saya nggak tega.. mungkin terlihat saya nggak berusaha banget,, tapi percaya lah saya sudah berusaha semaksimal mungkin,,, Insya Allah kalau ada rezeki lagi saya juga ingin melanjutkan kuliah.

Saya berterima Kasih sekali untuk @Cichaz,,, dia orang luar yang bahkan saya belum pernah bertemu,, belum kenal dengan dekat,, baru 1 minggu berkenalan,, tapi luar biasa baik nya,,, selama di rumah sakit,, saat saya stress,, Cicha dengan sabar dan baik nya terus memberikan saya semangat,, terus mengingatkan saya untuk memompa.. Jam 3 pagi saat harus nya Cicha tidur,, tapi Cicha dengan iklas nya mengingatkan saya untuk memompa,, nggak pernah bosen Cicha mendukung saya,, dan untuk itu saya bener-bener berterima kasih,,, Makasih ya Mama Shaina,,, I love U (Nak,, kelak kamu harus tau tentang ini ya,, dan berterima kasih lah pada nya)

Bagaimana Proses saya mem-weaning Olel?

Sempat ada masa Olel menolak menyusu ke saya,, bukan main sedih nya saya,, sampai saya paksa-paksa,,, Untung nya itu hanya berlangsung selama 5 hari,, waktu saya tanya kenapa di jawab "nda papa, ocen (bosen).

Saat saya coba mem-weaning Olel,, Bismillah saya Ikhlas.
Saya minta bantuan 1 rumah,, saya oles Payudara saya dengan minyak telon/angin dan itu membuat Olel jadi kepedesan,, saya tawarin minum susu olel nggak mau, nangis meronta-ronta,, dan saya nangis. sempat saya hampir akan menyuci payudara saya,, tapi Yayay mengingatkan saya sambil bilang "ayo bun, kamu pasti bisa, ikhlas bun". Tapi ternyata olel luar biasa pintar n ya,, luar bisa pengertian dan ke ikhlas nya dia,, di hari ke 4, Olel sendiri yang menawari minyak telon ke saya sambil bilang "ini bun, kaci di nenen,, no nenen bubun ya,, pedes" kemudian dia minta susu nya.

10 hari sejak saya mulai mem-weaning Olel,, terkadang saya kangen banget saat-saat itu,, tapi saya harus ikhlas... kalau Olel pun sudah Ikhlas untuk berhenti menyusu,, saya juga harus ikhlas untuk itu..

Insya Allah ya Nak,, apa yang sudah bubun kasih 2 tahun ini akan berguna untuk Olel,, dan ingat lah,, dalam tiap tetes ASI yang bubun berikan terselip banyak doa dan harapan,,, kelak Olel tumbuh menjadi anak yang pintar,, anak yang sehat.

Kelak kalau Olel nanti baca ini,, Olel harus tau gimana perjuangan bubun untuk memberikan yang terbaik buat Olel,,

I Love You Olel...




6 komentar:

  1. Ahuhuhuhu.. Sabar yah.. InshaAllah nanti pasti ada momen baru lagi yang juga indah antara kalian berdua..

    Jadi inget.. K udah 2 tahun lebih dan masih belum ada tanda-tanda weaning *baik dari K maupun dari gw*. Whooosaaahhh...

    BalasHapus
  2. Salam kenal ya..Wah mbak, terharu bgt bacanya.. Baby girlku juga asix, tp msh 1 th umurnya.. Ga kebayang deh ntar gimana weaningny. Emg sekarang kalo dia bolak balik bangun malam buat nenen rasanya cape.. Tp pst nt saatnya weaning akan kehilangan. Hiks. Bunda Thania

    BalasHapus
  3. bubunnn ai pil yu.. sempat hampir weaning zoya pas perut kontraksi, hatiku hancurrr dan dlm hati bnr2 ga ikhlas, ngerasa ngerebut hak menyusui dia. akhirnya bismillah lanjut nursing while breastfeeding wlpun ada history keguguran. skrg tiap mlm bkn pillow talk ke zoya spy brenti nenen, tp pillow talk ke baby inside biar kuat dan share sama kakaknya. *eh maap ini jd curhat di blog olel*

    mdh2an klo udah tiba waktunya aku bs ikhlas jg ya bun..

    BalasHapus
  4. Iya bener bangettt Bun... Sebenernya mamanya sendiri yang ga mo nglepasin ikatan bonding yg awal sudah qt perjuangkan... Bener2 susah nglepasinnya.. Bener2 harus ikhlas ya Bun... *bighugalaBarney...*

    BalasHapus
  5. Kenapa diriku jadi terharu biru begini bacanya.
    Aku juga belom bisa iklas bun......huhuhuhu.
    Mudah-mudahan nanti bisa iklas.
    Januari tepat Naeema 2 tahun.

    BalasHapus
  6. halo mba.. tiba-tiba nyasar kesini dan baca postingan disini,,, langsung nangis bombay saya..
    salam kenal ya mba :')

    BalasHapus

@templatesyard