Dilema - Anthie Haryadi

Sabtu, 22 Oktober 2011

Dilema

Selama ini, saya suka santai aja dengan pergaulan olel dan 2 orang anak art di rumah,, bisa di bilang mereka ini lah teman main olel setiap hari,, dua-dua nya cowok, yang satu umur 4 tahun, satu lagi umur 5 tahun. Dan terus terang, saya lumayan terbantu dengan ada nya mereka ber 2 ini,, seenggak nya olel ada temen main nya pas saya lagi ngerjain sesuatu *sok sibuk*.

Tapi belakangan ini, saya ngerasa udah ga sehat lagi deh,, makin kesini 2 anak ini saya peratiin bawa pengaruh buruk ke olel,,, Yang satu,, anak nya kok kasar banget ya kalo maen,, dan ini jadi bikin olel ikut-ikutan,, trus yang satu ampun-ampunan manja sama emak nya, kadang sampe geregetan sendiri. Yang bikin saya lebih shock,, waktu itu saya lagi sibuk masak di dapur (nyiapin bekel si Yayay),, tau-tau nya si mba art lagi mandiin si Olel,, dan yang bikin saya marah adalah, karena olel mandi ber 2 sama si anak art ini,,, buat saya pribadi mandi ber 2 anak cowok walau masih kecil gitu, a big no no banget. Saya marah, saya sedih banget,,, tapi entah kenapa saya ga bisa negur si mba art.

Kelalaian saya yang ke 2 adalah,,, waktu itu saya minta tolong si mba art untuk nyuapin olel sarapan, karena saya di buru waktu nyelesaiin kue,, dan 1/2 jam kemudian pas saya udah selesai, saya nyamperin si mba,, dan di buat shock karena si mba nyuapin olel dan anak nya menggunakan 1 sendok. Sebener nya saya orang nya nggak jijian kok,, tapi saat itu anak nya si mba lagi sakit,, saya ga mau olel jadi ketularan.

Dan yang bikin saya makin kesel itu,, Olel jadi punya banyak kosakata yang menurut saya nggak pantes gara-gara bergaul sama mereka,, saya ga tau mereka belajar dari mana,, kadang kalimat-kalimat yang nggak pantes di sebutin mereka ucapin,, dan olel kan cepet banget bisa nyerep kata-kata,, jadi suka di tiru,,, untung kita sebagai orang tua cepet tanggep jadi ga perkepanjangan si Olel hafal kata-kata itu.

Saya sering banget ngedengerin olel lagu-lagu anak-anak yang saya tau dari jaman saya kecil,, hampir setiap hari olel selalu dengerin lagu-lagu itu bahkan ada beberapa lagu yang bisa olel nyanyiin,,, tadi saya di buat shock waktu olel tiba-tiba nyanyi "ga ga ga kuat",,, waktu saya tanya,, siapa yang ajarin itu,, olel jawab "iban" (anak art). Dan ini semakin bikin saya ga suka banget olel bergaul sama mereka.

Saya ga pernah ngelarang anak-anak art maen, maenan yang olel punya,,, saya selalu ngajarin olel untuk sharing mainan sama mereka,,, tapi betapa kaget nya saya waktu saya mergokin salah satu anak art saya nggak ngijinin olel untuk maen maenan nya,,,akhir nya olel cuma ngeliatin aja.

Disini saya jadi mikir,,, jadi orang tua itu ternyata susah ya,, kalau kita nggak bisa ngajarin anak kita hal-hal yang baik ya akan jadi seperti itulah mereka,,, Saya mungkin belum bisa sempurna mengajari anak saya, tapi dari kejadian ini bener-bener ngebuat saya belajar banget. Dan pasti nya ini saat nya saya untuk tegas ke mereka.

Dari sini saya jadi kepikiran,,, apa iya saya harus sekolahin olel? ,,, ini jadi bikin saya dilema banget,, Mama yang tadi nya ga setuju olel sekolah pun tiba-tiba karena kejadian ini nyuruh saya buat masukin olel sekolah/kelompok bermain,,, apa iya selama ini saya egois ya?,, padahal anak nya sendiri sudah nunjukin minat kalau dia pengen sekolah.

Tapi kalau tujuan saya nyekolahin olel cuma agar olel ga deket-deket sama anak-anak ny art, kok kesan nya saya jahat banget ya,,,

Jadi PR banget nih,,, harus diskusi sama Yayay banget tentang yang satu ini,,,
Anthie Arvianto
~Butterfly on a Rainbow~

2 komentar:

  1. Bun, sm banget dengan aq nih. Naeema kalo siang suka main dirumah uyutnya. Dan tetangga depan nya itu anak laki-laki yang kalo ngamuk ampun-ampun deh tingkahnya, maki, lempar dan tantrum itu biasa bgt bg dia. Warning ku ke nene-nene nya naeema yg jagain sih biasanya, mnt tolong ke mereka kalau ada pemandangan kaya begitu aku mnt tante-tante ku itu untuk bawa Naeema pergi atau masuk ke dalam rumah. So Far alhamdulillah masih bs di toleransi.

    BalasHapus
  2. iya mbakkkk, delema banget ituhh... kita udah ngajari baik2, eh kepengaruh yang neggak2 sm anak orang, dilem juga yak?

    BalasHapus

@templatesyard