Olel dan Sekolah Pilihan - Anthie Haryadi

Minggu, 08 Mei 2011

Olel dan Sekolah Pilihan

Panjang banget diskusi kami tentang sekolah Olel. Tanya sana-sini, hunting sana-sini. Apalagi gw jatuh cinta banget sama Rumah Kepik yang ada di daerah pekayon, dan berniat banget buat masukin Olel kesitu.

Tapi,, setelah obrolan panjang dengan Yayay, akhirnya kami memutuskan untuk tidak Mensekolahkan Olel sampai nanti Olel masuk SD.

Dari awal, Yayay emang nggak setuju tentang memasukan Olel ke Playgroup/PreSchool atau apa lah nama nya itu. Dan semakin di dukung pula dengan Mama yang juga nggak setuju. Ngobrol sama seorang temen yang kebetulan adalah Guru di sebuah PreSchool yang juga nggak menyarankan gw untuk memasukan Olel ke sekolah bermain (atau apa lah itu).

Gw sampai di satu keputusan bahwa "Sekolah bisa sampe tua"... Gw ga mau Olel bosen karena udah dari kecil "belajar", karena gw punya sepupu yang anak nya ga mau sekolah lagi karena alesan bosen.

Gw shock banget denger temen gw yang guru PreSchool, di sekolah tempat dia ngajar anak umur 1 tahun sudah di ajarin Vocabulary yang susah-susah.. Ada PR, Pulang sekolah masih lagi ikut ini itu. Gw kasian banget sama si anak yang ada.

Ada lagi temen gw cerita, dia memasukan anak nya ke TK (ech apa ke Playgroup ya?) Dengan uang pangkal yang dia bayar sebesar Rp 5.000.000, setiap bulan harus bayar spp nya,, dan tiba-tiba si anak Bosen... Akhirnya yang ada si anak bolos setiap hari,, tapi dia harus tetap membayar spp dong. Masa iya kita mau maksain anak kita buat "ayo dong sekolah, kan sayang uang nya".

Si Mama Cerita,, Alm.Eyang gw itu seorang guru,, orang pintar. Dan gw adalah anak yang masuk SD di umur 5 tahun. Dan si Mama habis di marahin sama alm.Eyang,,, anak yang masuk sekolah nggak sesuai dengan umur nya itu kasian,,, di umur yang seharus nya dia belum belajar, dia sudah harus belajar, dan Mama wanti-wanti pesen ke gw, masukin Olel SD sesuai umur yang di wajibkan pemerintah... Biarin Olel "maen" di umur nya yang sekarang ini,,

Lagi pula, gw ga mau ikut-ikutan tren masukin anak ke Playgroup, hehehehe,,, emak irit boooo, kwkkwkw

Dan kami yakin banget kalo apa yang kami putusin ini yang terbaik buat Olel...


Anthie Arvianto
•Butterfly on a Rainbow•

5 komentar:

  1. sama bun.duh pas banget aku lagi bikin draft postingan dgn tema yg sama yaitu ttg gmn pandangan mbu n babab buat nyekolahin ghaida..sama2 ga akan menyekolahkan dulu sementara ini sekolah terbaik tetap d rumah dgn kita ortu sgb pendidik terbaik :)

    BalasHapus
  2. mba anthi.. sama banget pikirannya sama saya dan suami..karena menurut saya sekolah usia dini akan membuat anak kurang bermain dan bosen selain itu biayanya juga lumayan ya.. tapiiii anakku diumurnya yg belum genap 3 tahun udh ribut mau sekolah :(

    Dilema banget nyekolahin dia diumurnya sekarang, akhirnya kita putusin dia masuk PAUD dkt rmh yang murah hny untuk bermain dan bersosialisasi..

    kami tidak paksakan harus masuk terus dan ngerjain semua tugasnya..jadi cuma buat memenuhi janji kami kepada dia yang sudah bisa lepas diapers krn mau disekolahkan.

    so far saya setuju banget dengan keputusan mba anthi dan suami.. biarkan anak bermain puas diusia bermainnya dan biarkan anak mulai sekolah sesuai umurnya.. :)

    BalasHapus
  3. Hai Anthie,
    Belakangan ini aku juga baca2 soal homeschooling untuk usia dini dan jadi tertarik buat nerapin ke Sarah ntar. Ternyata banyak juga ya yg sama2 mikir 'takut anaknya ntar bosen sekolah'.
    Tapi aku masih liat2 ntarnya juga sih, kalo Sarah ntar minta pengen sekolah n aku nemu TK yg oke, ya bakal disekolahin juga sih *hihi.. mama plinplan* :D
    Ntar sharing2 ya metode2 belajar di rumahnya :)

    BalasHapus
  4. Bener bun sampe SD? Sampe SD apa sampe Tk nih?
    Aku juga habis melalui sesi diakusi sama neneknya zua (mama mertuaku) beliau punya Tk dan beliau jg pembina PAUD kan, katanya ternyata ya harusnya anak usia dini itu nggak boleh diajarin membaca, menghitung, apalagi yg dipush..
    Zua sendiri alhamdulillah udah bisa baca (padahal dia udah nggak sekolah) dan dia males banget sekolah Di PGnya karena diajarin sempoa, dsb :(
    Peer banget nih mau nyari TKnya abang zua

    BalasHapus
  5. sebaiknya anak2 umur segitu emang di rumah aja bun. apalagi kalo pengajaran di rumah emang udah cukup bgt :)

    BalasHapus

@templatesyard